Woo Ongkir Tutorial

Tutorial Plugin Ongkos Kirim Step-by-Step

Plugin Ongkos Kirim adalah plugin premium yang memiliki fitur lengkap. Mendukung banyak jasa kurir, dropshipping dan pengiriman seluruh Indonesia (Lebih jauh tentang Plugin Ongkos Kirim). Plugin Ongkos Kirim adalah extension dari Woo Commerce, sehingga anda membutuhkan Woo Commerce ter-install di WP anda jika ingin menggunakan Woo Ongkir. Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara menggunakan plugin Woo Ongkir. Tutorial ini akan ditulis dengan metode step-by-step agar lebih mudah di ikuti.

1. Download dan install Plugin Ongkos Kirim :

Setelah melakukan pembelian Woo Ongkir di https://tonjoostudio.com, anda dapat mendownload langsung file plugin-ongkos-kirim.zip pada : https://tonjoostudio.com/manage/user/myitem/ . Setelah file berhasil di download, extract file woo-ongkir.zip dan upload folder woo-ongkir hasil extract tersebut ke /wp-content/plugins/.

Aktifkan plugin Woo Ongkir pada dashboard admin >> plugin.

2. Memasukan license key Tonjoo :

Setiap pembelian plugin premium pada tonjoostudio, anda akan mendapatkan sebuah license key. License key ini berfungsi untuk meng-aktifkan plugin anda. Setelah anda melakukan pembelian Woo Ongir, kembali ke web tonjoostudio, dan masuk halaman https://tonjoostudio.com/manage/plugin/. Anda akan melihat plugin yang sudah anda beli, beserta license key nya, seperti gambar dibawah ini :

woo-1

 

Harap perhatikan bagian-bagian yang di tandai berikut ini :

  • A. Ini adalah license Code Key anda. Copy paste key ini pada Woo Ongkir yang telah ter-install di WP anda.
  • B. Ini adalah masa aktivasi lisensi anda. Setelah tanggal ini lewat, plugin masih tetap bisa digunakan, hanya saja anda tidak mendapat update & support lagi. Anda dapat melakukan perpanjangan lisensi untuk 12 bulan selanjutnya.
  • C. Ini adalah alamat web dimana lisensi Woo Ongkir anda digunakan (web anda misalnya).
  • D. Ini adalah bukti bahwa lisensi dan plugin anda telah aktif dan dapat digunakan.

Sekarang, masukan license key tonjoo ke Woo Ongkir. Silahkan perhatikan screenshot berikut :

1

2

Masuk ke Admin Dashboard >> Plugin Ongkos Kirim. Masukan license key yang sudah di dapat sebelum nya, pada kolom “Lisensi Plugin Ongkos Kirim”, dan klik Save Changes.

3. Menggunakan Plugin Ongkos Kirim/Halaman Options Plugin Ongkos Kirim :

3

Setelah anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan seksama, seharusnya sekarang anda sudah bisa membuka halaman option Plugin Ongkos Kirim, dan sudah bisa menggunakan Plugin Ongkos Kirim. Nah, pada step kali ini, kita akan belajar men-setting Plugin Ongkos Kirim agar bisa langsung digunakan :

A. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tentu saja meng-aktifkan metode shipping Plugin Ongkos Kirim. Klik Enable pada checkbox “Enable this shipping method”

B. Pillih dimana lokasi server/hosting web Anda. Memilih lokasi server yang tepat dapat membantu visitor Anda mendapatkan koneksi tercepat ke website Anda

C. Masukan Lisensi Plugin Ongkos Kirim Anda disini, yang sudah Anda dapatkan pada step sebelumnya

D. Anda bisa memilih mau menggunakan API default (Plugin Ongkos Kirim) atau API rajaongkir. Pada versi terbaru Plugin Ongkos Kirim, kami sudah mengembangkan API premium kami sendiri, dan Anda sudah tidak membutuhkan API rajaongkir lagi. Tetapi Anda masih bisa menggunakan nya jika Anda menginginkan nya

E. Pilih jasa ekspedisi yang ingin Anda gunakan

F. Jika Anda memilih Yes, maka Anda bisa memilih jenis tipe paket tertentu yang ditawarkan jasa ekspedisi. Misal, Anda hanya ingin menggunakan JNE YES, atau hanya ingin menggunakan JNE REG saja tetapi tidak yang lain, maka fitur ini bisa membantu. Jika Anda memilih No, maka semua tipe paket jasa ekspedisi akan di tampilkan di halaman checkout.

G. Sama seperti poin F. Disini Anda menentukan tipe paket tertentu yang ditawarkan pihak ekspedisi.

H. Jika toko Anda memiliki banyak lokasi, atau Anda memiliki dropshipper, maka fitur ini bisa membantu Anda. Konsumen Anda bisa memilih lokasi toko Anda yang terdekat dengan lokasi mereka.

I. Transaksi Dengan Nomor Unik untuk membantu Anda membedakan antara satu order dengan order yang lainnya.

J. Panjang Nomor Unik Transaksi untuk menentukan berapa jumlah digit sebagai nomor transaksi uniknya

K. Ongkos Kirim Tambahan adalah fitur dimana Anda bisa menambahkan sendiri harga ongkir diluar harga dari ekspedisi. Fitur ini disebut juga shipping cost mark-up fee

L. Masukan jumlah ongkos kirim tambahan yang Anda inginkan. Misalnya 1000.

M. Opsi dimana Anda ingin meletakan kolom informasi pengiriman, kolom 1 atau 2 (kiri atau kanan)

N. Transient Request Interval adalah lama Data disimpan didalam cache (transient). Cache digunakan untuk mempercepat plugin ini mendapat data tarif tanpa perlu menghubungi server terlebihdahulu

O. Berat pengiriman secara default adalah Kilogram (Kg), Anda bisa menggunakan jenis berat pengiriman yang lain sesuai keinginan Anda

4. Mendapatkan API Key Rajaongkir (Jika Anda lebih memilih menggunakan API Rajaongkir) :

Plugin Ongkos Kirim membutuhkan API Raja ongkir untuk mendapatkan data kota seluruh Indonesia. API dibutuhkan sebuah sistem/aplikasi untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. API dapat di analogikan sebagai nomor telpon. Dalam kasus ini, Plugin Ongkos Kirim harus berkomunikasi dengan database dan server dari Rajaongkir. Dan Rajaongkir menyediakan “nomor telpon” tersebut untuk dapat di hubungi oleh Plugin Ongkos Kirim. Lebih detil tentang API dapat dilihat disini : Apa itu API?

Raja Ongkir menyediakan 3 jenis API untuk dapat digunakan, yaitu STARTER, BASIC, PRO. Starter adalah API public gratis yang dapat anda dapatkan dan gunakan secara cuma-cuma. Sedangkan basic dan pro adalah API public premium dengan lebih banyak kelebihan dibanding versi gratis/starter nya. Lebih detil tentang API key Raja Ongkir, silahkan lihat tabel perbandingan berikut :

woo-3

Memasukan API Raja Ongkir. Setelah mendaftar Raja Ongkir, masuk ke http://rajaongkir.com/akun/panel dan copy API key rajaongkir anda, silahkan lihat screenshot berikut ini :

woo-5

Sekarang, kembali ke plugin Woo Ongkir pada WordPress anda, dan masukan API Key Raja Ongkir yg sudah di copy sebelum nya, paste pada kolom “Raja Ongkir API Key” dan pilih tipe API Key anda. Silahkan lihat screenshot berikut ini :

 

4

  • A. Masukan Lisensi Plugin Ongkos Kirim yang sudah didapat sebelum nya disini.
  • B. Masukan API Key Rajaongkir yang sudah didapatkan sebelumnya disini
  • C. Pilih tipe API Raja Ongkir (Jika anda menggunakan API Raja Ongkir versi GRATIS, maka pilih STARTER).

Lalu klik “Save changes”.

Sampai disini, kita telah selesai men-setting Woo Ongkir. Dan jika anda mengikuti setiap langkah di atas dengan seksama, seharusnya Woo ongkir sudah dapat digunakan. Tetapi jika anda mengalami kesulitan, silahkan membaca F.A.Q terlebih dahulu sebelum membuka thread support. Jika pertanyaan anda tidak terdapat di F.A.Q, silahkan membuka thread support pada forum resmi Tonjoo Studio : http://forum.tonjoostudio.com/

UPDATE – INTERNASIONAL SHIPPING

Woo-ongkir mendukung pengiriman internasional menggunakan FLAT SHIPPING. Cara nya mudah, ikuti steps berikut :

1. Masuk ke settings woocommerce
2. Klik tab Shipping >> Shipping Zone
3. Klik “Add Shipping Zone”
4. Buat zone name ID, dan region Indonesia
5. KOSONGKAN saja kolom shipping method
6. Atur Rest of the World shipping method menjadi flat
7. Selesai.

Untuk lebih detil, silahkan lihat screenshot berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">