MENU CONTENT

Intro

Terima Kasih

Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih telah memilih Plugin Woo Ongkir WordPress. Dalam dokumentasi ini Anda akan menemukan semua yang anda butuhkan untuk menggunakan Woo Ongkir WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang tidak tercakup dalam dokumentasi ini, silahkan buka thread baru di Forum Dukungan. Tim support kami akan senang untuk membantu Anda.

Tentang

Woo Ongkir adalah extension WooCommerce yang berfungsi untuk menghitung ongkos kirim seluruh Indonesia (JNE, POS, Tiki, dll). Dengan menggunakan extension ini, anda tidak perlu memasukan data ongkos kirim secara manual, karena plugin sudah ter-integrasi dengan data Rajaongkir.com secara real-time. Cukup aktifkan plugin, masukan API rajaongkir, dan Woocommerce anda siap mengirim ke seluruh Indonesia.

Minimum req

  • WordPress 4.0 or greater
  • PHP version 5.4 or greater
  • MySQL version 5.0 or greater
  • WooCommerce version 2.6 or greater (3.0+ is recommended)

Instalasi

Cara menginstal plugin

  1. Download plugin-ongkos-kirim.zip dari tonjoostudio.com
  2. Upload plugin-ongkos-kirim.zip ke folder /wp-content/plugins/
  3. Aktifasi plugin Ongkos Kirim dari admin dashboard > plugin

Aktivasi

Cara mengaktifkan plugin

Plugin Ongkos Kirim membutuhkan aktivasi agar dapat digunakan. Jika plugin Ongkos Kirim tidak diaktivasi maka plugin tidak bisa digunakan. Dengan plugin Ongkos Kirim yang telah diaktivasi, pengguna akan mendapat auto-update terbaru dari plugin Ongkos Kirim.

Untuk mengaktifkan plugin Ongkos Kirim sangat mudah. Silakan menuju menu Ongkos Kirim–>lisensi, lalu masukkan kode lisensi ke dalam form yang telah disediakan.

aktivasi plugin ongkir

Setting

Enabled

Untuk mengaktifkan fitur penghitungan ongkos kirim di halaman checkout, maka pada settingan plugin enabled pilih pilihan “yes”. Jika dipilih No maka penghitungan ongkos kirim tidak akan muncul di halaman checkout.

enabled plugin ongkir

 

Base API

Base API digunakan untuk mengambil data harga ongkos kirim dari tiap jasa kurir. Plugin Ongkos Kirim menggunakan 2 sumber API, yaitu API internal Tonjoo dan API pihak ketiga (Rajaongkir).

base api plugin ongkir

Untuk menggunakan API Tonjoo tinggal pilih pilihan Tonjoo, sedangkan untuk menggunakan API Rajaongkir perlu memasukkan nomor API key yang didapat dari Rajaongkir. Untuk mendapatkan API key Rajaongkir silakan kunjungi alamat ini: https://rajaongkir.com/akun/panel.

api rajaongkir

 

Masukkan nomor API key ke dalam form yangtelah disediakan dan sesuaikan tipe akun yang Anda miliki di Rajaongkir (Starter, Basic dan Pro).

Perbedaan penggunaan API akan mempengaruhi level penghitungan ongkos kirim di halaman checkout.

Jika menggunakan API Tonjoo atau Rajaongkir Pro, maka penghitungan ongkos kirimnya hingga level kecamatan. Sedangkan jika menggunakan Rajaongkir starter atau basic penghitungan ongkos kirimnya hanya sampai kabupaten.

 

Store Location

Untuk menentukan lokasi toko silakan atur di menu store location. Arahkan kursor ke dalam text form maka akan muncul pilihan kota dari seluruh Indonesia. Ketikkan nama kota/kabupaten Anda untuk mempercepat penyaringan.

Couriers

Pilihan kurir yang tersedia tergantung dari Base API yang dipakai. Berikut adalah perbedaan pilihan kurir jika menggunakan API Tonjoo & API Rajaongkir
1. API Tonjoo

Jika menggunakan API Tonjoo maka akan mendapatkan pilihan kurir sbb: JNE, POS, TIKI, J&T

Screenshot_51

2. API Rajaongkir

Untuk API Rajaongkir maka akan disesuaikan dengan tipe akun yang Anda miliki. Berikut daftar plihan kurir berdasar tipe akun di Rajaongkir.

– Starter: JNE, POS, TIKI

Screenshot_52

– Basic: JNE, POS, TIKI, PCP, RPX, ESL

Screenshot_53
– Pro: JNE, POS, TIKI, PCP, RPX, ESL, J&T, Wahana, NCS, Pandu, Sicepat, Pahala, Cahaya, SAP, JET, Indah Cargo, DSE, SLIS, Expedito, First Logistic, Star, NSS.

Screenshot_54

 

Filter Courier Services

Anda dapat memilih untuk hanya menggunakan layanan tertentu dari suatu kurir. Misalnya untuk kurir JNE Anda hanya ingin menggunakan layanan JNE Reguler saja. Untuk melakukannya silakan atur di Filter Courier Services.

Screenshot_55

 

Catatan: fitur ini hanya tersedia jika Anda menggunakan Base API Tonjoo. Fitur ini tidak tersedia jika menggunakan Base API Rajaongkir.

Show Long Description on Checkout

Fitur Show Long Description on Checkout akan menampilkan nama layanan dari setiap kurir disertai dengan deskripsi dari layanan tersebut. Misalnya; JNE – REG menjadi JNE – REG (Layanan Reguler).

show long description plugin ongkir

Catatanfitur ini hanya tersedia jika Anda menggunakan Base API Tonjoo. Fitur ini tidak tersedia jika menggunakan Base API Rajaongkir.

 

Internasional Shipping

Plugin Ongkos Kirim mendukung pengiriman internasional. Untuk mengaktifkan international shipping atur di menu Enable International Shipping.

pengiriman internasional plugin ongkir

Catatan: menu ini hanya tersedia jika Anda mengunakan Base API Rajaongkir dan bertipe PRO.

Default Shipping Weight

Fitur Default Shipping Weight akan menentukan berat barang jika berat barang tidak diketahui. Satuan dalam Kilogram. Misal jika Anda mengisi Default Shipping Weight sebesar 1 Kg maka jika ada barang yang tidak diatur beratnya maka secara default berat barang tersebut adalah 1 Kg. Berat 1 Kg inilah yang akan dipakai untuk menghitung ongkos kirim di halaman checkout.

default shipping weight plugin ongkir

Round Shipping Weight

Fitur Round Shipping Weight adalah fitur yang akan membulatkan berat barang, apakah akan dibulatkan ke atas atau ke bawah. Ada 3 opsi pembulatan yaitu:

1. Auto

Auto akan membulatkan secara otomatis berdasar limit yang ditentukan. Misalnya jika Anda mengisi limit sejumlah 300 gram maka jika berat barang adalah 1250 gram maka akan dibulatkan menjadi 1000 gram (1 Kg). Jika berat barang adalah 1350 gram akan dibulatkan menjadi 2000 gram (2 Kg).

round shipping weight auto plugin ongkir

2. Ceil

Ceil akan membulatkan berat barang ke atas. Misal jika berat barang adalah 1,1 Kg maka akan dibulatkan menjadi 2 Kg.

round shipping weight ceil plugin ongkir

3. Floor

Floor akan membulatkan berat barang ke bawah. Misal jika berat barang adalah 1,9 Kg maka akan dibulatkan menjadi 1 Kg.

round shipping weight floor plugin ongkir

 

Catatanfitur ini hanya tersedia jika Anda menggunakan Base API Tonjoo. Fitur ini tidak tersedia jika menggunakan Base API Rajaongkir.

Use Volume Metric Calculation

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghitung berat barang berdasarkan kalkulasi panjang lebar dan tinggi. Berat barang akan ditentukan berdasarkan ukuran panjang, lebar dan tingginya. Jika diaktifkan maka akan bersifat meng-overwrite berat barang yang ditentukan dalam Kg.

Rumus penghitungan metric calculation : ( panjang x lebar x tinggi ) : 6000 (dalam satuan cm).

use volume metric calculation plugin ongkir

Add Insurance Fee

Fitur Add Insurance Fee memungkinkan Anda untuk menambahkan biaya asuransi yang mungkin akan diterapkan oleh penyedia jasa pengiriman ke dalam biaya ongkos kirim.

Screenshot_56

Opsi ini memiliki 3 pilihan:

  • Apply only if the setting on the product is set to true. Artinya biaya asuransi akan ditambahkan jika produk yang dibeli memiliki pengaturan tambah asuransi aktif.

Screenshot_58

  • Always add insurance fee no matter what the product. Artinya selalu tambahkan biaya asuransi apapun produk yang dibeli.
  • Do not add insurance fee. Artinya jangan tambahkan biaya asuransi.

Biaya asuransi yang ditambahkan mungkin bisa berbeda di tiap masing-masing kurir. Masing-masing jasa kurir memiliki rumus perhitungan biaya asuransi seperti berikut:
– JNE: ( 0.2% x Harga barang ) + 5.000 (biaya admin)
– POS: 0.24% x Harga barang
– TIKI: 0.3% x Harga barang
– J&T: 0.25% x Harga barang
– Wahana: 0.5% x Harga barang
– RPX: 0.5% x Harga barang (minimum nilai barang Rp. 2.000.000)
– ESL: ( 0.2% x Harga barang ) + 5.000 (biaya admin)
– Pandu: 0.35% x Harga barang
– Pahala: 0.2% x Harga barang
– Indah Cargo: 0.3% x Harga barang (dengan minimum premi Rp. 101.000)
– Star: 0.3% x Harga barang (dengan minimum premi Rp. 101.000)

Catatan: rumus perhitungan dapat berubah sewaktu-waktu. Syarat dan kondisi dikembalikan ke masing-masing pemberi jasa layanan.

Add Timber Packing Fee

Fitur Add Timber Packing Fee adalah fitur untuk menambahkan biaya packing kayu ke ongkos kirim.

Screenshot_57

Opsi ini memiliki 3 pilihan:

  • Apply only if the setting on the product is set to true. Artinya biaya packing kayu akan ditambahkan jika produk yang dibeli memiliki pengaturan tambah biaya packing kayu aktif.

Screenshot_59

  • Always add insurance fee no matter what the product. Artinya selalu tambahkan biaya packing kayu apapun produk yang dibeli.
  • Do not add insurance fee. Artinya jangan tambahkan biaya packing kayu.

Biaya yang ditambahkan dapat diatur dengan mengubah value Shipping Cost Multiplier. Multiplier ini artinya berapa kali dari biaya ongkos kirim yang akan ditambahkan sebagai biaya packing kayu. Contoh jika diset 1, maka biaya packing kayu akan sama dengan ongkos kirim, jika diset 0.5 maka biayanya menajdi setengah dari ongkos kirim.

Add Additional Shipping Cost

Fitur Add Additional Shipping Cost adalah fitur yang dapat menambah sendiri ongkos kirim pada setiap produk Anda jika anda merasa data ongkos kirim yang disediakan jasa ekspedisi tidak mencukupi biaya ongkos kirim yang sebenarnya. Misalnya, jika ongkos kirim dari ekspedisi 10.000, anda dapat membuatnya menjadi 11.000. Caranya adalah masukan hanya angka saja, tanpa titik/koma/Rp.. Misal 1000.

Add Additional Shipping Cost plugin ongkir

Penambahan biaya kirim juga bisa menerima angka negatif. Itu artinya bisa juga berfungsi untuk biaya pengurangan ongkos kirim. Misalnya, jika ongkos kirim 10.000 maka jika kita isikan angka sejumlah -1000 maka total ongkos kirimnya menjadi 9.000.

Show Total Weight on Checkout

Fitur Show Total Weight on Checkout akan menampilkan berat barang yang dibeli konsumen di halaman checkout. Untuk mengaktifkannya pilih pilihan yes.

Show Total Weight on Checkout plugin ongkir

Add Unique Number on Checkout

Plugin Ongkos Kirim men-support unique number untuk setiap transaksi. Nomor unik akan di generate secara random pada halaman checkout untuk memudahkan owner/anda membedakan setiap pembeli berdasarkan transaksi/no unik mereka. Langkah untuk meng-aktifkan unique numbers :

nomor unik plugin ongkir

Nomor unik mendukung hingga 5 digit.

Auto Fill Address

Fitur Auto Fill Address akan mengisi data alamat pelanggan secara otomatis untuk pelanggan yang pernah membeli produk kita.

Auto Fill Address plugin ongkir

Cache Expiration

Fitur Cache Expiration adalah fitur yang akan menyimpan data biaya pengiriman atau alamat sebagai cache. Fitur ini akan meningkatkan kecepatan situs web Anda secara signifikan. Anda bisa menentukan berapa lama data cache akan disimpan. Data cache disimpan dalam dua macam yaitu data harga pengiriman (shipping cost) dan data alamat (address).

cache expiration plugin ongkir

Misalnya pengaturan cache expiration diisi seperti gambar di atas maka data harga pengiriman akan disimpan sebagai cache selama 72 jam dan data alamat selama 168 jam. Setelah 72 jam harga pengiriman akan dihapus dan melakukan request kembali data harga pengiriman ke API Tonjoo atau API Rajaongkir.

Flush Cache

Fitur Flush Cache memungkinkan Anda untuk menghapus data cache yang sedang tersimpan.

flush cache plugin ongkos kirim

Reset Configuration

Fitur Reset Configuration akan menghapus pengaturan Anda saat ini dan mengembalikannya ke pengaturan semula.

reset configuration plugin ongkir

Custom Shipping Cost

Cara menambah dan menghapus

Fitur Custom shipping cost memungkinkan Anda untuk membuat biaya pengiriman berdasar harga yang bisa Anda tentukan sendiri. Bisa untuk semua wilayah Indonesia atau per provinsi, per kabupaten dan per kecamatan.

Perbedaan Append dan Replace

Custom shipping cost memakai dua metode yaitu append dan replace.

Append adalah menambahkan custom kurir buatan Anda ke dalam daftar layanan kurir yang tersedia. Jadi custom kurir Anda akan muncul bersamaan dengan layanan kurir yang lain.

Replace adalah menggantikan semua layanan kurir yang tersedia dengan layanan custom kurir Anda. Jadi hanya ada custom kurir Anda yang tersedia bagi konsumen pada saat mereka melakukan checkout.

Untuk Developer

Mengganti nama kurir (label)

function custom_courier_names( $names ) {
$names['jne'] = 'JNE';
return $names;
}
add_filter( 'pok_courier_names', 'custom_courier_names' );

Mengganti nama layanan kurir (label)

function custom_courier_service_names( $names ) {
$names['jne']['oke'] = array(
'long' => 'OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)',
'short' => 'OKE'
);
return $names;
}
add_filter( 'pok_courier_service_names', 'custom_courier_service_names' );

Mengubah biaya asuransi

function custom_insurance( $insurance, $courier, $total_price ) {
if ( 'pos' === $courier ) {
$insurance = 0.0024 * $total_price;
}
return $insurance;
}
add_filter( 'pok_set_insurance', 'custom_insurance', 10, 3 );

Mengubah biaya packing kayu

function custom_timber_packing_fee( $fee, $rate ) {
if ( 'pos' === $rate['courier'] ) {
$fee = 5000;
}
return $fee;
}
add_filter( 'pok_timber_packing_fee', 'custom_timber_packing_fee', 10, 2 );

Mengubah cara perhitungan berat produk

function custom_product_weight( $weight, $product, $settings ) {
$weight = ( $product->get_length() * $product->get_width() * $product->get_height() ) / 6000;
return $weight;
}
add_filter( 'pok_get_product_weight', 'custom_product_weight', 10, 3 );

Mengubah urutan field pada halaman checkout

function custom_fields_priority( $priorities ) {
$priorities = array(
'first_name' => 10,
'last_name' => 20,
'company' => 30,
'country' => 40,
'state' => 50,
'city' => 60,
'district' => 70,
'address_1' => 80,
'address_2' => 90,
'postcode' => 100,
'phone' => 110,
'email' => 120,
);
return $priorities;
}
add_filter( 'pok_fields_priority', 'custom_fields_priority' );