Woo Ongkir Manual

Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih telah memilih Plugin Woo Ongkir WordPress. Dalam dokumentasi ini Anda akan menemukan semua yang anda butuhkan untuk menggunakan Woo Ongkir WordPress. Jika Anda memiliki pertanyaan yang tidak tercakup dalam dokumentasi ini, silahkan buka thread baru di Forum Dukungan. Tim support kami akan senang untuk membantu Anda.

Woo Ongkir adalah extension WooCommerce yang berfungsi untuk menghitung ongkos kirim seluruh Indonesia (JNE, POS, Tiki, dll). Dengan menggunakan extension ini, anda tidak perlu memasukan data ongkos kirim secara manual, karena plugin sudah ter-integrasi dengan data Rajaongkir.com secara real-time. Cukup aktifkan plugin, masukan API rajaongkir, dan Woocommerce anda siap mengirim ke seluruh Indonesia.

  • WordPress 4.0 or greater
  • PHP version 5.3 or greater
  • MySQL version 5.0 or greater
  1. Download woo-ongkir.zip dari tonjoostudio.com
  2. Upload woo-ongkir.zip ke folder /wp-content/plugins/
  3. Aktifasi plugin woo-ongkir dari admin dashboard > plugin

Auto-update sangat mudah pada woo ongkir. Cukup aktifkan lisensi anda, maka anda akan otomatis mendapat update setiap ada rilis atau bug fix baru :

screenshot-woocoba tonjoostudio com 2015-10-20 11-15-35

0

Woo Ongkir mendukung fitur dropshipping, dimana buyer bisa memilih sendiri darimana barang akan dikirim :

1

Woo Ongkir men-support banyak jasa ekspedisi sekaligus pada hakaman checkout. Sehingga costumer diberikan pilihan, jasa kurir mana yang ingin mereka gunakan. Pengaturan multiple-courier sangat mudah, owner/anda hanya tinggal memasukan jasa kurir (yg terdaftar di raja ongkir) pada form Courier-Type :

2

Anda membutuhkan Rajaongkir API key untuk bisa menggunakan woo ongkir. API rajaongkir terdapat beberapa versi, baik yang berbayar maupun yang gratis. Anda bisa menggunakan Rajaongkir API versi gratis (Basic) untuk kebutuhan minimal pengiriman anda. Lebih jauh tentang Rajaongkir API Type :

3

Woo Ongkir men-support unique number untuk setiap transaksi. Nomor unik akan di generate secara random pada halaman checkout untuk memudahkan owner/anda membedakan setiap pembeli berdasarkan transaksi/no unik mereka. Langkah untuk meng-aktifkan unique numbers :

4

Performa akan menjadi masalah jika website harus selalu berkomunikasi dengan server/API luar setiap kali ada transaksi, terlebih dengan website ber-trafik tinggi. Woo Ongkir telah menyelesaikan permasalahan ini dengan menggunakan fitur Transient Request Interval, atau Fast API Cache. Dimana sistem Woo Ongkir akan menyimpan data API dari Raja Ongkir sebagai cache, sehingga API dapat di akses jauh lebih cepat.

Anda hanya tinggal memasukan berapa jam sekali, data API harus di perbaharui. Misalkan 72 jam, maka setiap 72 jam sekali, data API akan di perbaharui dengan cara men-download data baru dari server Raja Ongkir, lalu menyimpan nya kembali sebagai cache :

5

Woo Ongkir mempunyai fitur “Ongkos kirim tambahan, atau additional markup fee”. Dimana anda dapat menambah sendiri ongkos kirim pada setiap produk anda jika anda merasa data ongkos kirim yang disediakan jasa ekspedisi tidak mencukupi biaya ongkos kirim yang sebenarnya. Sebagai contoh, jika ongkos kirim dari ekspedisi 10.000, anda dapat membuatnya menjadi 11.000 atau lebih sesuai kebutuhan/keinginan anda.

1. Pilih biaya tambahan berdasarkan persen atau nominal

2. Masukan hanya angka saja, tanpa titik/koma/Rp.. Misal 1000.

7

Woo-ongkir mendukung pengiriman internasional menggunakan FLAT SHIPPING. Cara nya mudah, ikuti steps berikut :

1. Masuk ke settings woocommerce
2. Klik tab Shipping >> Shipping Zone
3. Klik “Add Shipping Zone”
4. Buat zone name ID, dan region Indonesia
5. KOSONGKAN saja kolom shipping method
6. Atur Rest of the World shipping method menjadi flat
7. Selesai.

Untuk lebih detil, silahkan lihat screenshot berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">